You are here : Home Artikel Yang Terkini Jumat Agung di Gereja Trinitas

Jumat Agung di Gereja Trinitas

Pada tahun 2022 ini, Gereja Trinitas menyelenggarakan tiga kali ibadah Jumat Agung. Masing-masing ibadah membuka kuota untuk 800 orang.  Ibadah pertama pukul 11.00 WIB dipimpin oleh Romo Rudi Rahkito Jati, OMI. Ibadah kedua pada pukul 15.00 WIB dipimpin oleh Romo Basir Karimanto, OMI. Ibadah ketiga pada pukul 19.00 WIB  dipimpin oleh Romo Rudi Rahkito Jati,OMI.

 

Fokus utama perayaan Jumat Agung adalah karena kisah sengsara dan wafat Tuhan.

 

Upacara terbagi dalam 3 bagian:

1. Liturgi sabda untuk menghidupkan iman kita

2. Memusatkan perhatian pada Salib sebagai sumber kebahagiaan

3. Komuni untuk memberi kesempatan kepada kita untuk memetik buah-buah Salib.

Dalam homili pada hari Jumat Agung ini, Romo Rudi mengajak kita ikut melaksanakan Revolusi Kasih ala Yesus. Yaitu :

1. Marilah kita menyadari dan mensyukuri kasih serta pengorbanan Kristus bagi kita baik sebagai pribadi, secara bersama sebagai keluarga dan gereja.

2. Mari berusaha mempraktekkan teladan Yesus saat di salib itu yang mau mengampuni semua orang yang membawa-Nya pada derita keji tanpa rasa hormat terhadap martabat kemanusiaan-Nya. Kita pun tidak membalas dendam namun berani mulai mendoakan dan mengampuni orang-orang sulit dan orang-orang yang pernah menyakiti kita dan orang yang telah menorehkan luka di hati kita. Hal ini tidak mudah tetapi kita mau mencoba melakukannya.

3. Marilah lebih menyadari arti Bunda Maria bagi Kristus. Kita pun mengasihi dan belajar banyak pada Bunda Maria yang selalu setia pada Yesus Putra nya.

Terima kasih Tuhan atas kasih dan penebusanMu.